Otak-otak Bandeng Khas Gresik

 

otak-otak-bandeng Soal bandeng, Gresik memang jagonya. Salah satu makanan khasnya adalah otak-otak bandeng. Proses pembuatannya cukup rumit dan lama tapi rasanya guuurrih banget. Jika biasanya agak malas makan ikan satu ini karena durinya, disini tidak perlu kawatir lagi karena sebelum di proses duri-duri bandeng sudah dihilangkan.

Sebelum diolah menjadi otak-otak, bagian daging dipisahkan lebih dulu dari kulitnya. Bagian daging ini lalu dipisahkan dari durinya. Kemudian, daging yang telah bebas duri ini diolah bersama telur dan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, bawang daun, dan santan. Olahan daging dan telur ini kemudian dimasukkan ke dalam kulit bandeng lagi sehingga bentuknya seperti bandeng yang masih utuh.

Selanjutnya, bandeng isi ini dibungkus daun pisang dan dipanggang selama dua jam di atas bara dengan dijepit bilah bambu. Gabungan antara bau sedap bandeng bakar, ditambah telur, bumbu santan, dan daun pisang yang terpanggang ini menyebarkan aroma otak-otak yang harum saat baru diangkat dari tungku.

Nah, otak-otak yang sudah matang ini dikipasi sampai dingin. Pendinginan ini bertujuan supaya otak-otak lebih tahan lama. Setelah dingin, baru dibungkus dengan kertas minyak, daun pisang, kemudian dibungkus kertas karton, siap dibawa sebagai oleh-oleh.

About mytusita

I’m a blogger by day and also a photographer by day. By night I’m a demon slayer 😄 My writing are mostly about dog, street food, travel and books. Don’t be shy to say hi. See you on the blog.